Senin, 11 April 2011

Membaca bacaan dalam shalat jahriyah dengan suara sedang, apabila khawatir akan timbul hal yang tidak baik jika dikeraskan

Assalamu alaikum warahmatullah wabarokatuh
عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ، فِي قَوْلِهِ عَزَّ وَجَلَّ:

وَلاَ تَجْهَرْ بِصَلاَتِكَ وَلاَ تُخَافِتْ بِهَا [17/الإسراء/الآية 110] قَالَ: نُزِلَتْ وَرَسُوْلُ اللهِ صلى الله عليه وسلم متوار بِمَكَّةَ. فَكَانَ إِذَا صَلَّى بِأَصْحَابِهِ رَفَعَ صَوْتَهُ بِالْقُرْآنِ. فَإِذَا سَمِعَ ذٰلِكَ الْمُشْرِكُوْنَ سَبُّوْا الْقُرْآنَ، وَمَنْ أَنْزَلَهُ، وَمَنْ جَاءَ بِهِ. فَقَالَ اللهُ تعالى لِنَبِيِّهِ صلى الله عليه وسلم: وَلاَ تَجْهَرْ بِصَلاَتِكَ فَيَسْمَعُ الْمُشْرِكُوْنَ قِرَاءَتَكَ. وَلاَ تُخَافِتْ بِهَا عَنْ أَصْحَابِكَ. أَسْمِعْهُمُ الْقُرْآنَ. وَلاَ تَجْهَرْ ذٰلِكَ الْجَهْرَ. وَابْتَغِ بَيْنَ ذٰلِكَ سَبِيْلاً. يَقُوْلُ بَيْنَ الْجَهْرِ وَالْمُخَافَتَةِ.


Hadits riwayat Ibnu Abbas Radhiyallahu’anhu: Tentang firman Allah Taala: Dan janganlah engkau mengeraskan suaramu dalam shalatmu dan jangan pula memelankannya. Ia berkata ayat ini turun ketika Rasulullah Shallallahu alaihi wassalam sedang bersembunyi di Mekah. Ketika beliau shalat bersama para sahabat, beliau mengeraskan suaranya dalam membaca Alquran. Orang-orang musyrik yang mendengarnya menjelek-jelekan Alquran, Allah yang menurunkannya dan Nabi yang membawanya. Maka Allah Taala berfirman: Janganlah engkau mengeraskan suaramu di dalam shalatmu, sehingga orang-orang musyrik mendengar bacaanmu: Dan janganlah engkau memelankannya sehingga sahabatmu tidak mendengarnya. Carilah cara di antara kedua hal itu. Akhirnya beliau membaca antara keras dan pelan.

عَنْ عَائِشَةَ، فِي قَوْلِهِ عَزَّ وَجَلَّ:

وَلاَ تَجْهَرْ بِصَلاَتِكَ وَلاَ تُخَافِتْ بِهَا قَالَتْ: أُنْزِلَ هَذٰا فِي الدُّعَاءِ.


Hadits riwayat Aisyah Radhiyallahu’anha: Tentang firman Allah: Dan janganlah mengeraskan suaramu di dalam shalatmu dan jangan pula memelankannya. Ia berkata: Ayat ini diturunkan berkaitan dengan doa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar